Manfaat Berkumur Ketika Wudhu



Wudhu yang dijalankan dengan penuh kesungguhan, khusuk, tepat, ikhlas dan kontinu, diduga dapat menumbuhkan persepsi dan motivasi positif dan mengefektifkan coping. Respons energi positif (positive thinking), dapat menghindarkan reaksi stress.

Berkumur Ketika Wudhu
Salah satu ajaran islam yang berkaitan dengan kesehatan adalah tidak boleh mengerjakan shalat di saat sisa sisa makanan masih ada di mulut. Seotang muslim harus membasuh mulutnya dan berkumur sebanyak tiga kali sampai sisa sisa makanan tersebut keluar dari mulutnya, setelah melakukan itu semua baru melaksanakan shalat. Sisa sisa makanan di mulut jika dibiarkan – terlebih makanan yang memiliki kadar gula tinggi- akan membusuk, menyebabkan timbulnya bau tak sedap dan berbkembangbiaknya bakteri yang berbahaya, sehingga gusi bisa terkena radang dan luka, gigi terganggu dan penyakit penyakit lainnya yang berkaitan dengan mulut dan gigi.
Oleh karena itu, membasuh mulut tiga kali setiap wudhu ditambah dengan menggunakan siwak merupakan cara yang paling baik untuk menghilangkan sisa sisa makanan yang terselip pada gigi. Hal ini juga merupakan salah satu prinsip perlindungan yang paling pokik untuk kesehatan mulut dan gigi. Perlu diketahui bahwa berkumur dan membersihkan mulut dengan menggunakan air biasa sudah merupakan pastagigi yang paling kuat dari sisi kedokteran.
Penelitian modern membuktikan bahwa berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan dapat menjada gusi dari luka. Berkumur juga dapat menjaga dan membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa sisa makanan yang terdapat di sela sela gigi setelah makan. Manfaat berkumur lainya yang juga penting sekali adalag menguatkan sebagian otot otot wajar dan menjaga kesegarannya. Berkumur merupakan latihan penting yang diakui oleh para pakar dalam bidang olahraga, karena berkumur jika dilakukan dengan menggerakkan otot otot wajar dengan baik dapat menjadikan jiwa seseorang tenang.
Selain itu berkumur kumur ketika wudhu akan membuat mulut terasa basah. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa mulut yang kering merupakan salah satu penyebab dari radang gusi. Sebagai contoh, adalah mulut kering biasanya dialami oleh mereka yang menjalani pengobatan, kemoterapi, atau penderita penyakit kekebalan tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan para dokter gigi dari academy of general densitry di amerika di amerika serikat, diduga mulut kering seperti itu menjadi pemicu terjadinya radang gusi. Menurut mereka, kurangnya air liur akibat mulut yang kering mengakibatkan menempelnya plak pada gigi dan gusi sehingga memperbesar kemungkian terjadinya radang gusi.
Radang gusi itu sendiri menurut mereka bisa terjadi dengan cepatnya akibat mulut yang kering. Karena itu, para dokter gigi itu menyarankan menyikat gigi paling Karena itu, para dokter gigi itu menyarankan menyikat gigi paling tidak dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluor serta rajin membersihkan gigi dengan benang gigi. Juga menghindari konsumsi kafein, alkihol dan makanan dengan garam berlebihan.


0 Response to " Manfaat Berkumur Ketika Wudhu "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post