Manfaat Wudhu mencegah penyakit Periodontitis


Perintah wudhu bersamaan dengan perintah wajib shalat lima waktu, yaitu satu setengah tahun sebelum tahun hijriah. Hal ini menunjukkan bahwa shalat harus dilakukan dalam keadaan bersih. Bagian yang perlu dibasuh atau dibersihkan ketika wudhu adalah mulut. Ketika kita berwudhu kita diperintahkan untuk berkumur sebanyak tiga kali dan bila tidak memberatkan kita juga dianjurkan untuk bersiwak atau menggosok gigi sehingga mulut benar benar menjadi bersih.
Membersihkan mulut dan gigi ketika setiap wudhu dengan berkumur kumur dan bersiwak (menggosok gigi) tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal tersebut Insha Allah akan dapat menghilangkan plak pada gigi hingga menghindarkan seseorang dari penyakit periodontitis.

Plak gigi adalah lapisan tipis dan transparan di permukaan gigi yang melekat erat pada gigi. Plak mengandung banyak bakteri beserta produk produknya, komponan organic dan anorganik dari sekresi mulut, sel sel epiter serta sel sel darah. Komposisi dan sifat plak dipengaruhi oleh komposisi air ludah, sifat diet atau makanan, lama plak melekat pada gigi, dan populasi bakteri pada seseorang. Sementara itu jika seseorang merasa sakit giginya ketika makan makanan yang agak keras, mungkin sekali dia mengalami periodontitis yang terjadi di dekat ujung akar giginya. Periodontitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan penyangga gigi, tempat tertanamnya gigi. Periodontitis yang berupa periapikal dapat merupakan akibat lanjut dati adanya gigi berlubang yang tidak terawatt, yang selanjutnya juga mengakibatkan reaksi radang pada lapisan email maupun dentin pada gigi itu sehingga kuman dapat ke bagian yang lebih dalam di sekitar akar gigi dan menyebar ke jaringan di sekitarnya. Kuman selanjutnya menimbulkan bisul bernanah, tumbuhnya jaringan granuloma ataupun timbulnya kista gigi.

Selain menimbulkan bau mulut yang kurang sedap, pada periodontitis ini ada sejumlah kuman yang selain menimbulkan gangguan setempat ataupun juga dapat merupakan sumber penyebaran infeksi lain semisal sepsis (infeksi umum), sinusitis (selo karang), meningitis (radang selaput otak), ataupun juga ensefalitis radang otak. Di samping itu juga ada kuman yang dapat menimbulkan reaksi sistemik yang berupa munculnya rematik (rheumatoid arthritis) ataupun kerusakan ginjal (glomerulonephritis).
Periodontitis juga dapat berbentuk menahun, misalnya ketika terjadi peradangan gusi (gingivitis) yang tidak terawat. Dalam bebtuk menahun dapat mengakibatkan tanggalnya gigi, bila kerusakan sampai pada tulang rahang tempat tertanamnya gigi. Gusi tampak memerah, lunak, mengkilat dan mudah berdarah, bahkan kadang bernanah.
Orang yang kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan mulut mupun giginya, jaringan gusi di bawah gigi itu akan mengalami kerusakan sehingga terbentuk kantong kantong antara gigi dan gusi. Kantong kantong ini akan terisi oleh lendir, sisa makanan serta kuman; kuman ini akan tumbuh berkembang biak dengan mudah lalu menyerang juga daerah sekitarnya lalu lebih jauh menyerang jaringan periodontal sehingga meradang sampai lepas dari gigi yang menyebabkan goyangnya gigidan kemudian tanggal. Di sinilah kita seakan akan baru sadar mengenai manfaat wudhu bagi kesehatan kita. Karena itu tak heran bila Rasulullah Saw menganjurkan kepada kita agar menyempurnakan setiap wudhu yang kita lakukan. Yaitu dengan berkumur kumur dengan sempurna serta melakukan bersiwak atau menyikat gigi setiap kali kita ber-wudhu.


0 Response to " Manfaat Wudhu mencegah penyakit Periodontitis "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post