Manfaat Membasuh Hidung (instinsyaaq) saat Wudhu




            Penelitian dari Universitas Aleksandria membuktikan bahwa kebanyakan orang yang berwudhu secara kontinyu, maka hidung mereka bersih dan bebas dari debu, bakteri dan mikroba. Lubang hidung merupakan tempat yang rentan dihinggapi mikroba dan virus, tetapi dengan membasuh hidung secara kontinyu dan melakukan instinsyaaq (memasukkan air kedalam hidung kemudian mengeluarkannya ketika berwudhu), maka lubang hidung menjadi bersih dan terbebas dari radang dan bakteri, dan ini memcerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Proses ini dapat menjaga manusia akan bahaya dari pemindahan mikroba dari hidung ke anggota tubuh yang lainnya.
            Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa instinsyaaq (memasukkan dan mengeluarkan air ke dan dari hidung di sat berwudhu ) dilakukan sebanyak tiga kali.

“Abu Hurairah ra. berkata: Nabi Saw. Bersabda: Jika seorang bangun dari tidurnya, lalu wudhu hendaklah ia menghirup air kedalam hidung kemudian mengeluarkannya (instinsyaaq) diulang tiga kali, sebab syaitan bermalam dalam hidungnya.”nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).       

Salah satu rahasi wudhu adalah instinsyaaq yang dilakukan tiga kali setiap berwudhu dan ini merupakan sunah Rasullullah Saw. Yang memiliki makna yang sangat dalam dari segi kesehatan. Kegiatan ini merupakan kreasi baru dalam hal perlindungan penyakit. Ketika kita melakukan pernapasan yang sehat melalui hidung, dimana di dalam lubangnya terdapat sekat berupa tulang lunak (tulang rawan) yang ditutupi oleh lapisan berserat yang menyambung dan bulu bulu halus yang terletak di tempat masuk lubang hidung, kondisi hidung yang seperti itu dapat menimbun banyak debu dan bakteri.
Dengan melakukan instinsyaaq sebanyak tiga kali setiap kali wudhu, maka bakteri dan mikroba yang berada di dalam lubang hidung akan ikut keluar. Seperti yang kita ketahui, bahwa kebanyakan penyakit disebabkan mikroba yang masuk melalui hidung dan tenggorokan, kemudian pindah ke dalam tubuh sehingga akan timbul penyakit. Ini merupakan penenmuan bidang kesehatan yang terdapat dalam hikmah instinsyaaq disaat berwudhu agar hidung terbebas dari bakteri, virus dan penyakit.


0 Response to " Manfaat Membasuh Hidung (instinsyaaq) saat Wudhu "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post