Istilah Kesehatan A 1


Assalamualaikum,
Abdomen adalah bagian badan yang terletak di antara toraks dan pelvis; terdapat rongga (abdominal cavity) yang oleh diafragma dipisahkan dengan rongga toraks, dan di bawah oleh bidang yang membentuk pintu atas panggul dipisahkan dengan rongga pelvis dan dilapisi oleh membran serosa, peritoneum. Rongga ini berisi visera dan dibungkus dinding (abdominal wall) yang terbentuk dari otot-otot abdomen, Columna verbratalis, dan ilia. Disebut juga belly dan venter. Terbagi menjadi sembilan daerah oleh empat garis bayangan pada dinding anterior, dua diantaranya berjalan horizontal mengelilingi badan (yang atas setinggi tulang rawan iga kesembilan, yang bawah setinggi bagian atas crista iliaca), dan dua lainnya ventrikal di kiri dan kanan tubuh yaitu dari tulang rawan iga kedelapan gingga ke pertengahan ligamentum inguinale.

Abdominal adalah berkenaan dengan abdomen.

Aborsi adalah pengeluaran hasil konsepsi secara prematur dari uterus – embrio atau fetus yang belum viabel.

Abrasi adalah ausnya suatu substansi atau bangunan (seperti kulit atau gigi) oleh suatu proses mekanik abnormal atau tak biasa.

Absence epilepsy epilepsi yang detandai oleh kejang abstinensia, biasanya terjadi pada masa anak anak.

Abses adalah kumpulan nanah setempat yang terkubur dalam jaringan , organ, atau rongga yang tertutup.

Absorpsi adalah penganbilan bahan bahan ke dala atau elalui jaringan, seperti kulit, usus dan tubulus ginjal.

Acetest adalah merek dagan untuk tablet reagen yang mengandung natrium nitroprusid, asam aninoasetat, dinatrium fosfat dan laktosa. Setetes kemih diletakkan di atas tablet pada sehelai kertas putih, bila terdapat jumlah aseton yang berarti tablet tersebut berubah warna menjadi ungu muda (1+), menjadi lembayung muda (2+), ungu (3+), atau ungu tua (4+).
Adenopati adalah pembesaran kelenjar, terutama kelenjar limfe.

Adjuvant adalah 1.Membantu, 2. suatu substansi yang membantu substansi lainya, seperti obat tambahan. 3. dalam imunilogi, perangsang nonspesifik respons imun, seperti vaksin BCG.

Adneksa adalah tambahan atau struktur ekstra suatu organ, sperti struktur tambahan pada mata (adneksa okuli), termasuk kelopak mata dan kelenjar lakrimalis, atau pada uterus (adneksa uteri) termasuk tuba fallopi, ligamentum dan ovarium.

Adnexal adalah bagian pelengkap dari suatu organ atau struktur terutama uterus.

Adrenergik adalah diaktifkan oleh khas untuk atau epinefrin yang disekresi atau substansi terkait, terutama mengenai serabut saraf simpatikyang melepaskan norepinefrin pada suatu sinaps saat dilalui inpuls saraf.

Aerob adalah suatu mikroorganisme yang dapat hidup dan tumbuh dengan adanya oksigen bebas.

Agonis adalah dalam farmakologi : suatu obat yang mempunyai afinitas terhadap dan merangsang aktifitas fisiologik reseptor sel yang biasanya dirangsang oleh suatu substansi yang secara alami terdapat disitu.

Agranulositosis adalah 1. setiap keadaan yang ditandai dengan sangat berkurangnya jumlah granulosit; lihat juga leukopenia, dan granulocytopenia. 2. secara lebih spesifik, suatu kumpulan gejalayang ditandai dengan penurunan bemakna jumlah granulosit yang beredar.

Akne adalah penyakait radang menahun dari aparatus pilosebaceae; lesi paling sering dijumpai pada wajah, dada dan punggung. Kelenjar yang meradang dapat membentuk papul kecil warna merah muda, yang kadangkala mengelilingi komedo sehingga tampak hitam pada bagian tengahnya. Penyebabnya tak diketahui, tetapi telah dikemukakan banyak faktor, termasuk stres, faktor herediter, hormon, obat, dan bakteri, khususnya Propionibacterium acnes, Staphylococcus albus dan Malassezia furfur, berperan dalam etiologi.
Source : Iso farmakoterapi
Wassalamualaikum

0 Response to " Istilah Kesehatan A 1 "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post