Jenis jenis Obat Larutan Oral (Diminum)


1. SIRUP adalah : sediaan larutan yang mengandung gula konsentrasi tinngi atau pengganti gula dengan atau tanpa bahan perasa dan bahan obat.
2. ELIKSIR adalah Sediaan larutan jernih, manis dan mengandung alkohol. Biasa digunakan untuk melarutkan obat yang tidak larut dalam air. Eliksir memiliki tingkat kemanisan dan kekentalan yang lebih rendah dari pada sirup serta kurang efektif menutup rasa. Eliksir dapat mengandung bahan pelarut lain sebagai ko-solven misalnya air, gliserin, sorbitol, propilen glikol dan poliethilen glikol 300..
3. SPIRIT adalah : larutan mengandung etanol atau hidroalkohol dari zat mudah menguap, umumnya merupakan larutan tunggal atau campuran bahan. Penurunan kadar etanol dalam spirit dengan penambahan air  larutan jadi keruh
4. TINGTUR adalah : larutan mengandung etanol atau hidroalkohol dibuat dari bahan tumbuhan atau senyawa kimia. Biasanya mengandung 10-20 gram bahan obat dalam 100 ml tingtur.
5. Ekstrak cair adalah : Larutan alkohol konsentrat,obat dari hewan atau sayuran/ buah     buahan Yang dihasilkan dengan mengekstraksi zat aktif..
6. Air Aromati adalah : larutan cair dari senyawa aromatic atau senyawa volatile ( mudah menguap)..

 KLASIFIKASI LARUTAN ORAL





0 Response to " Jenis jenis Obat Larutan Oral (Diminum) "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post