Pengertian KADALUWARSA, (Expired), ED


Assalamualaikum wr wb
Pengertian dari Expired is having come to an end or become void after passage of a period of time. Atau dalam bahasa Indonesia adalah : setelah berakhir atau menjadi batal setelah berlalunya jangka waktu. Seperti pada SIM dan STNK juga memiliki tanggal berlaku atau expired. Expired date (ED) adalah tanggal yang menunjukkan zat tersebut tidak dapat digunakan atau kadaluarasa.
Dalam hal ini kita membahas ED dari obat obatan. ED menunjukkan obat telah mengalami degradasi sehingga kadarnya berkurang. 

Nama ilmiah dari ED adalah T90. T90. Merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat kadar menjadi tinggal 90%. atau dapat disebut juga telah terjadi degradasi kadar obat sebanyak 10%.
Perusahan biasanya mengukur ED atau T90. Obat melalui dua cara. Kedua cara tersebut adalah uji dipercepat dan uji jangka panjang ..

1. Uji dipercepat adalah Uji T90. Dengan peningkatan suhu di atas suhu normal penyimpanan obat. Kemudian dikalkulasikan dengan rumus sehingga dapat mengetahui lama waktu kadaluarsa/ED obat dalam waktu pengujian yang singkat.
2. Uji jangka panjang adalah uji T90.pada suhu penyimpanan obat yang normal sehingga perlu jangka waktu yang lama. Misalnya suatu obat menyebutkan ED pada waktu lima tahun, berarti obat tersebut sudah diuji selama itu juga (5 tahun).

Obat yang sudah ED berarti obat tersebut mengalami pengurangan kadar 10 %, sehingga kadarnya tersisa 90% dari semula..
Saya tidak bermaksud menyarankan anda meminum obat dua tablet sekaligus karena obat tersebut sudah ED hehe.., karena ketika sudah ED, perusahan yang memproduksi obat itu tidak bersedia lagi bertanggung jawab jika terjadi sesuatu..
Bahkan benda yang tidak ada kadaluarsanya juga tercantum tanggal ED.nya seperti madu., hal tersebut karena keharusan mencantumkan ED agar mendapatkan ijin dari pemerintah..

Ada beberapa mekanisme terjadinya degradasi kadar obat:
  1. Hidrolisis
  2. Oksidasi
  3. Fotolisis

Baca juga mengenai Ciri Obat Rusak, ED, kadaluarsa

semoga bermanfaat, maaf bila kurang berkenan dan banyak kekurangan. Salam farmasis.,
wassalamualaikum wr wb..

0 Response to " Pengertian KADALUWARSA, (Expired), ED "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post