Wudhu dapat Menghilangkan Bau Mulut



Berkumur kumur ketika melakukan wudhu, tentunyau akan dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Dengan berkumur kumur ditambah dengan menyikat gigi, insha Allah mulut akan menjadi segar dan gigi pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena itu, tak heran bila Rasulullah Saw. Melarang orang yang baru saja makan bawang –karena mulutnya menjadi bau dan belum dibersihkan-untuk mendekati masjid. Sebenarnya tidak dilarang memakan bawang, namun di dalamnya tersirat sebuah anjuran agar kita selalu membersihkan mulut kita agar tidak berbau – terutama ketika kita akan menjalankan shalat di masjid.

Memang sebenarnya tidak ada mulut yang tidak bau, karena mulut kita tidak pernah bebas dari jasad renik (mikroorganisme). Padahal mikroorganisme ini selalu mengadakan proses pembusukan atas bahan apa saja yang ada si sekitarnya dengan menghasilkan bahan atau gas yang berbau. Jadi sulit untuk menjawab adanya kemungkinan menghilangkan bau mulut secara tuntas. Begitu pula dengan tubuh kita ono juga tak pernah bebas dari jasad renik, sehingga selalu saja terjadi proses pembusukan pada kulit kita (terutama pada daerah yang lembab) sehingga bleh dikara bau badan selalu juga muncul.

Bau mulut muncul pada dasarnya dapat sebagai akibat dari adanya proses yang terjadi di kalam rongga mulut maupun tempat lain yang juga bermuara dimulut, yaitu lambung, paru paru, tengorokan dan hidung. Salah satu yang paling banyak dijumpai adalah proses pembusulan di mulut. Sejauh mana kerasnya bau ini tergantung pada seberapa banyak proses pembusukan yang terjadi serta bahan apa yang mengalami pembusukan. Pembusukan ini terjadi oleh karena adanya sisa makanan ataupun jaringan tubuh yang rusak (luka, gigi keropos) disertai adanya jasad renik yang terdapat di rongga mulut tersebut. Jadi jika tidak ada sisa makanan atau kerusakan itu maka pembusukan yang terjadi sangat sedikit, sehingga bau mulut tidak seberapa.

Makanan tentunya dapar juga menimbulkan bau mulut yang khas secara langsung di mulut. Adapun makanan ini pun mungkin menimbukan bau mulut kerika dicerna di lambung karena keluarnya gas atau uap tertentu dari padanya. Jadi disini kita dapat memerhatikan adanya bau yang khas terhadap makanan tertentu. Oleh karena itu sebenarnya yang anda lakukan dengan menyikat gigi sebelum tidur (tambahkan sekitar satu jam sesudah makan) maupun penggunaan obat kumur.
Bau mulut yang berasal dari bau yang terjadi di tempat lain misalnya adalah sari saluran napas bagian bawah (misalnya akibay borok paru, kanker paru) ataupun saluran napas bagian atas (misalnya sinusitis).

Adapun bau badan munculnya lebih banyak di daerah yang lembab atau banyak mengeluarkan keringat, maka mudah dipahamu bahwa mereka yang banyak berkeringat pasti akan lebih mudah menebarkan bau badan. Bau ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh macam mikroorganisme yang ada pada kulit, kalau bukan karena penyakit yang dideritanya (pernah mencium bau badan orang yang seperti berkemih?, itu karena adanya ureum. Karena ia punya sakit ginjal). Oleh katena itulah kadang kadang kita dapat mengenali adanya perbedaan bau satu dan lain orang.



0 Response to " Wudhu dapat Menghilangkan Bau Mulut "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post