Jenis Jenis Kapsul

  1. Kapsul kapsul gelatin lunak
    Kapsul gelatin lunak yang dipakai oleh Farmakope pada 
dengan 500 mg Balsamum Copaivae; Capsulae Balsami Copaivae
dengan 3 g Oleum Ricini ; Capsulae Olei Ricini
dengan 500 mg Oleum Santali; Capsulae Olei Santali

Masa kapsul kapsul ini terdiri dari gelatina, gliserol, dan air. Pembuatan kapsul kapsul ini sangat menyusahkan dan di sini tidak akan dibicarakan lebih lanjut.

2. Kapsul kapsul gelatin keras; Capsulae operculatae yang terdiri dari sebuah tabung dan sebuah tutup dari masa gelatina yang keras. Kapsul kapsul ini ditutup dengan memberi setetes kecil Mucilago Gummi Arabici di atas pada tabung, kemudian tutupnya dipasang dengan memutar mutarnya di atas tabung itu. Penutupan ini sudah tentu perlu, jika dimasukkan suatu cairan ke dalamnya tetapi kurang perlu jika kapsul ini diisi dengan serbuk atau masa pil, meskipun hal itu dekehendaki. Kerena masa ini dikikis oleh bermacam macam obat harus di perhatikan beberapa hal berikut ini :

a. Cairan cairan yang mengandung air, dan juga larutan larutan yang sangat pekat, seperti Ichtiol dan Tumenolamonium dapat mengikis dinding kapsul. Oleh karena itu, senyawa senyawa tersebut dibuat masa pil, kemudian dimasukkan ke dalam kapsul.

b. Cairan cairan yang mengandung etanol, yang kadar etanolnya tinggi tidak mengikis kapsul; jika kadar etanol kurang dari pada 90%, maka cairan yang mengandung etanol itu diolah dahulu menjadi masa pil;

c. Minyak minyak lemak dan menyak minyak atsiri, etilinatrichlorida, karbontetrachlorida, bensol, eter dan sebagainyatidak mengikis kapsul kapsul, karena itu kapsul kapsul dapat diisi dengan zat itu tanpa diapa apakan (tanpa perlakuan apapun); hal ini berlaku juga untuk Oleum Caryopyhllorum, meskipun minyak atsiri ini sebagian besar (87%) terdiri dari suatu senyawa fenol (eogenol);

d. kapsul ini dikikis oleh fenol fenol dan sediaan sediaan yang kadar fenolnya tinggi; sedian seperti kereosot, Pix liquida,dan sebagainya tak dapat dimasukkan ke dalam kapsul kapsul begitu saja, tetapi harus diolah dahulu menjadi masa pil. Tetapi jika suatu sediaan seperti itu telah diencerkan dengan minyak atsiri sehingga kepekatannya tidak lebih dari 40%, maka dapat langsung dimasukkan kedalam kapsul.

e. Nitrogliserol harus diolah bersama sama dengan minyak lemak dalam Capsulae operculatae, maka untuk itu kita memakai larutan 1% dalam suatu minyak lemak, dimana diperoleh suatu campuran yang homogen, yang tidak diperoleh dengan larutan 1% nitrogliserol dalam Etanol 90% dari Farmakope.

Sejumlah zat cair, yang kurang dari 1g, selalu boleh diteteskan ke dalam Capsulae operculatae; dengan pertolongan sebuah batang penetes. Jika dengan penetesan itu tidak dibuat kesalahan yang lebih dari 5%.

Jika kesalahannya lebih besar, maka kita harus menimbang cairan itu de dalam kapsul pada timbangan miligram. Jadi, jika banyaknya tetesan 10 atau lebih kita selalu boleh meneterskan ke dalamnya dengan pertolongan batang penetes; pada zat cair yang jumlahnya sedikit, dianjurkan supaya dipakai batang penetes yang halus, sehingga diperoleh tetesan tetesan yang kecil. Dari zat cair etu telalu atsiri; keuntungan dari padanya, ialah bahwa boleh dikatakan, tidak dibuat kesalahan sedangkan kerugiannya ialah bahwa pada jumlah obat yang lebih bear, kapsul kapsul akan menjadi terlalu besar. Jika mungkin maka dianjurkan untuk membuat dahulu masa pil dan kemudian memasukkannya ke dalam kapsul.,
3. Capsulae amylaceae, kapsul owel, yang dipergunakan untuk masa yang berbentuk serbuk. Jika masanya mengambil banyak volume, umpamanya karena adanya magnesiumoksida atau magnesiumkarbonat dalam jumlah yang agak besar, kita dapat memasukkannya kedalam kapsul dengan jalan mengisikan dahulu sebagian dari masa dan membasahinya dengan etanol 95%. Karena itu udara dikeluarkan ari masa itu; setelah itu masa ditekan perlahan lahan dan kemudian dapat diisikan lagi sejumlah lainnya yang jika perlu kita kerjakan seperti itu pula. Pada waktu menutup kapsuul ini dengan tutupnya makan tutup itu harus kita letakkan tegak lurus diatas alasnya, kemmudian di tekan hati hati, untuk mencegah tersobeknya tutup kapsul.

0 Response to " Jenis Jenis Kapsul "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post