Istilah Kesehatan Abjad A (2)


Assalamualaikum,

Akne Vulgaris adalah penyakit radang menahun dari aparatus pilosebaceae; lesi paling sering dijumpai pada wajah, dada dan punggung. Kelenjar yang meradang dapat membentuk papul kecil warna merah muda, yang kedangkala mengelilingi komedo sehingga tampak hitam pada bagian tengahnya, atau membentuk pustule atau kista penyebabnya tak diketagui, tetapi telah dikemukakan banyak faktor termasuk stress, faktor hereditor, hormon, obat dan bakteri, khususnya Propnibavterium acnes, Staphylococcus albus dan Malassezia furfur, berperan dalam etiologi.

Akromegali adalah penyakit kronik pada orang dewasa yang disebabkan oleh hipersekresi hormon pertumbuhan yang ditandai dengan pembesaran beberapa bagian diatal seperti hidung, telinga, rahang, jafi tangan dan kaki.
Akut adalah pola perjalanan yang singkat dan relatif berat.

Alergi adalah : keadaan hipersensitivitas yang diinduksi oleh paparan terhadap suatu antigen (alergen) tertentu yang menimbulkan feaksi imunologik berbahaya pada paparan berikutnya.

Alkoholisme adalah : suatu ganggyan yang ditandai dengan pola patologis pemakaian alkohol yang menyebabkan gangguan serius dalam fungsi sosial atau pekerjaan.

Alopecia / alopesia adalah : tidak adanya rambut pada daerah kulit yang biasanya ditumbuhi rambut.

Alveolitis adalah : radang alveolus paru paru

Amenorhea adalah : tidak ada atau terhentinya haid secara abnormal.

Amniocentesis adalah : perforasi uterus secaar transabdominal melalui bedah untuk mendapatkan cairan amnion.

Anafilaksis adalah : suatu reaksi hipersensitivitastipe I yang bila terjadi pjanan individu yang tersensitisasi pada antigen atau hapten spesifik menyebabkan urtikaria, prurutis dan angiodema yang diikyti dengan kolaps vaskular dan syok dan sering disertai dengan distress pernafasan yang mengancam jiwa. Agen yang umum menyeabkan anfilaksis meliputi bisa ular Hymenoptera, ekstrak serbuk sari, makan tertentu, serum kuda seta kelinci, enzim serta hormon heterolog dan obat tertentu seperti penisilin dan lidokain.

Anafilaktoid adalah : yang menyerupai anafilaksis

Analgesik adalah : bahan yang mengurangi nyeri tanpa menyebabkan hilangnya kesadaran.

Androgen adalah : setiap zat yang menimbulka maskulinisasi.

Anemia adalah : penurunan konsentrasi eritrosit atau hemoglobin dalam darah di bawah normal; terjadi ketika kesimbangan antara kehilangan darah (melalui pendarahan atau perusakan) dan produksi daran terganggu.
Anemia aplastik adalah : salah satu kelompok anemia yang ditandai dengan kegagalan sumsum tulang dengan penururnan sel-sel hematopoietik dan penggantiannya oleh lemak. 

source: iso faramakoterapi 

Terimakasih, Semoga bermanfaat, 
wassalamualaikum, 

0 Response to " Istilah Kesehatan Abjad A (2) "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post