Cara Mengatasi Virus Malware Wonderlandads (JOurney)


Asalamualaikum..

Disini kami akan share pengalaman perjalanan terkena virus malware wonderlandads dan mengatasinya…

Apa Wonderlandads malware

Asal Malware WonderlandAds

Apa yang menarik dari malware wonderlandads

Langkah Mengatasi Malware Wonderland ads

Tips dan Penutup


Apa Wonderlandads malware

Wonderlandads adalah sebuah malware, yang ketika menyerang computer kita dia akan menyerang browser kita. Sehingga kita akan sering mengalami redirect ke iklan wonderland ads. Saat kita membuka website tertentu dan mengklik dimana saja termasuk halaman kosong akan otomatis terbuka tab baru atau window baru berupa iklan.

Iklan tersebut bukan berasal dari website yang kita kunjungi (karena saya mengunjungi web saya sendiri dan tidak merasa memasang iklan jenis itu). Iklan tersebut menyerang browser kita seperti mozila, chrome, opera yang kita gunakan.

Yang sangat menarik semua perangakat yang menggunakan koneksi internet yang sama juga terkena malware tersebut. Berawal dari Laptop saya, malware jg menyerang hp saya, laptop sodara saya dan lainnya. Dalam kasus ini saya menggunakan wifi speedy rumahan.

Coba mencari di Google belum ada panduan mengatasi  wonderlandads dalam bahasa Indonesia. Masalahnya saya tidak begitu paham bahasa inggris he.. Ada yang menyebutkan adanya malware yang mampu merubah dns router modem yang kita gunakan..

Informasi ini menjadi masuk akal, bahwa malware wonderland ads yang menyerang laptop saya merubah dns router modem speedy saya sehingga perangkat yang menggunkan koneksi tersebut seperti  android dan computer lain jg tekena malware yg sama di browser mereka..

Salah satu cara yang disampaikan di suatu forum adalah dengan mereset modem yang digunakan., atau merubah dns. Masalah lainnya, saya lupa password modemnya..

Sebelumnya disebutkan bahwa malware ini menyerang jaringan internet (router modem) yang kita gunakan. Oleh karena itu saya coba browsing dengan Hp tanpa koneksi Wifi Speedy rumah, menggunakan jaringan 3G di Hp. Hasilnya, benar saja asalkan browser sudah dibersihkan (di download ulang) malware wonderland ads tidak muncul saat hp koneksi internet dengan jaringan 3G.

Mencoba membersihkan computer menggunakan antimalware. Kami membersihkan computer dengan 5 AntiMalware secara berurutan sampai computer panas karena waktu pemindaian yang lama. Memang didapatkan malware didalam computer, terdeteksi dan dikarantina atau di hapus oleh antimalware tersebut. Akan tetapi ketika browsing, malware wonderland ads tetap saja muncul.

Sebenarnya ketika kita menggunakan browser tertentu seperti avast safe zone, malware wonderlandads tidak akan muncul, akan tetapi langkah ini dapat dianalogikan sebagai hanya lari dari masalah, tanpa menghilangkan sumber masalahnya..

Setelah menggunakan banyak antimalware baik yang gratisan, trial beberapa hari bahkan yang bajakan virus wonderland ads ini tetap membandel menguasai laptop kita, sepertinya kita harus mencari apa penyebab muncul nya malware wonderlandads di computer kita dan dari mana malware itu masuk.

Hasil browsing di dunia maya, ada yang menyebutkan bahwa adanya malware yang menyisip di update adobe. Tetapi tidak disebutkan malware jenis apa yang ada di update adobe tersebut apakah wonderlandads malware., Kalau dilihat kebelakang beberapa hari sebelumnya kami sempat mengupdate adobe Air, yang muncul di browser saat browsing.

Sepertinya (dugaan) malware ini menyamar dengan membuat pemberitahuan palsu mengenai update adobe air, dan kita diarahkan ke web (palsu) adobe.

Dan ketika kita melakukan update adobe di web adobe palsu kita akan di beri file banyak malware yang kemudian menyerang computer kita.

File updatan tadi yang menjadi sumber masalah virus malware yang ada di computer kita (Masih Hipotesis) mestinya disingkirkan.


Asal Malware Wonderland Ads :
Dalam Kasus Ini malware diduga berasal dari update adobe air yang ternyata palsu. Ketika kita mengupdate (install) aplikasi Palsu tersebut maka otomatis kita sudah terserang malware. Yang menjadi masalah ketika kita tidak sadar bahwa update aplikasi (sekelas adobe (tetapi palsu) ini sumber penyebabnya..

Malware bisa berasal dari mana saja misalnya dari aplikasi yang tidak jelas asalnya dan keamanannya.
Ketika kita install aplikasi tersebut bukan software yang terinstal justru malware yang menyerang browser kita.
Cara pengatasanya dengan mengUninstal aplikasi tadi dan kita scan computer dengan antivirus.


Apa yg menarik dari malware Wonderland ads ini :
Wonderland ads ini menarik sekaligus mengagnggu karena menyerang jaringan internet (router /modem) yang kita gunakan, sehingga perangkat lain yang menggunakan jaringan internet yang sama juga ikut terkena malware ini.



Langkah Mengatasi Malware Wonderland Ads

  1. Meng Uninstal Adobe air atau aplikasi apa saja yang baru kita update atau install
Menscan dengan antivirus dan atau antimalware

  1. Mengganti dns modem atau mereset modem yang kita gunakan
Menscan dengan antivirus dan atau antimalware

  1. Menghubungi ISP (Internet Service Provider) yang anda gunakan untuk bertanya dan meminta tolong memperbaiki kasus malware yang anda alami.
Dalam kasus ini kami menggunakan Speedy (jadi hubungi cs speedy).
MenScan dengan antivirus dan atau antimalware


Langkah mana yang telah kami lakukan

Scan dengan Antimalware pasti sudah bahkan dengan 5 antimalware tetap gagal.
Langkah a merupakan langkah yang telah kami lakukan dan alhamdulilah berhasil. Yang menjadi masalah di kasus ini kami tidak menyadari sedari awal update adobe air palsu ini sebagai penyebabnya..

Mengapa langkah b dan c tidak dilakukan ?:
Langkah b tidak kami lakukan karena kami lupa password modem yang kami gunakan, karena untuk bisa merubah dns atau mereset modem kita harus bisa masuk ke dalam modem tersebut.

Sedangkan Langkah C sudah menjadi pikiran tidandakan yang akan kami lakukan, tetapi karena kesibukan sehingga belum sempat.

Terus terang kami juga tidak mengetahui langkah mana yang menyebabkan malware wonderlandads tidak lagi muncul. Yang kami lakukan adalah langkah a, tetapi tidak tahu juga bila mana ISP juga ikut peran serta ketika menyadari atau melakukan pengecekan pelanggan dan memperbaikinya karena ada perubahan dns oleh malware..


Tips dan Penutup

Tips :
Setiap kita mendownload aplikasi (baik gratis ataupun berbayar) sebaiknya kita melakukan scan menggunakan antivirus atau dengan antivirus online  seperti virustotal(dot)kom

Scan ini tidak lagi valid ketika kita menScan aplikasi hasil bajakan (krek, patkh dll) atau aplikasi tertentu, karena biasanya aplikasi dianggap virus.


Penutup :
Demikian langkah langkah yang dapat kami sampaikan. Mohon Saran, Koreksi Dan Kritikan agar Artikel ini menjadi lebih baik..





0 Response to " Cara Mengatasi Virus Malware Wonderlandads (JOurney) "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post