Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh


Puasa adalah 1. menghindari makan, minum, dansebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dng keagamaan); 2 n Isl salah satu rukun Islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yg membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari; saum; (KBBI, artikat.com)

Secara fisiologi puasa erat hubungannya dengan kesehatan tubuh manusia. Dalam keadaan biasa (tidak Puasa) organ pencernaan kita terus bekerja sepanjang hari secara terus menerus. Organ pencernaan juga butuh istirahat, dan puasa merupakan salah satu cara mengistirahatkan organ pencernaan. Bisa jadi Hikmah dari puasa satu bulan dalam satu tahun untuk mengistirahatkan organ pencernaan.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan kita adalah:


1. Puasa bermanfaat Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Hanya dengan berpuasa, kita bisa memberiakan kesempatan istirahat kepada alat/organ pencernaaan. Sebab, setiap hari alat pencernaan di dalam tubuh selalu bekerja keras untuk mencerna makanan, karena banyaknya makanan dan minuman yang kita makan. Makanan yang belum selesai dicerna secara sempuna sudah datang lagi makanan yang baru untuk dicerna. Apalagi ketika kita memeiliki kebiasaan mengemil.
Maka dengan puasa oksigenasi/ asupan oksigen tidak hanya berkutat di bagian perut, tetapi juga mengalir ke kepala atau otak kita. Salah satu buktinya, ketika kita kekenyangan maka akan mudah mengantuk karena oksigen banyak terpusat diperut / organ pencernaan

2. Puasa bermanfaat membersihkan Racun dan Kotoran di dalam Tubuh

Puasa sangat efektif untuk membersihkan racun dan kotoran dari tubuh atau dalam istilah kesehatan di sebut Detoksifikasi. Pada saat puasa perut kita kosong, maka terjadi pembakaran cadangan makanan dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi dan juga terjadi pembesiahan racun dari dalam tubuh.  Dalam rangka memenuhi kebutuhan energi tubuh mengubah simpanan lemak menjadi energi.  Uraian zat kimia dari asam lemak dikeluarkan dari tubuh melalui organ pembuangan.  Dengan membatasi kalori yang masuk di dalam tubuh salah satunya dengan puasa, tubuh akan menghasilkan  enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen sekaligus mengeluarkannya dari dalam tubuh.

3. Puasa Bermanfaat Meningkatkan Sel Darah Putih

Puasa Dapat menambah Jumlah sel Darah Putih. Sel darah putih berfungsi  untuk pertahanan tubuh dan menangkal serangan berbagai macam penyakit. Sehingga meningaktkan sistem kekebalan tubuh.

4. Puasa Bermanfaat menyeimbangkan Kadar Asam

Puasa dapat membantu menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh, serta memperbaiki fungsi hormone. Melalui kurangnya makanan dan minuman, serta adanya waktu istirahat bagi pencernaan, tubuh dapat menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.

5. Puasa Bermanfaat Meremajakan Kulit dan Mengobati Penyakit kulit

Puasa sangat baik bagi kita yang memiliki keinginan untuk merawat dan menjaga kesehaan kulit. Kondisi puasa selain mengistirahatkan organ pencernaan seperti lambung, juga mengistirahatkan ataupun mengurangi beban kerja organ lain seperti hati, ginjal dan organ vital lainya. Sehingga terjadi regenerasi organ dalam dan sel sel memiliki kesempatan memperbaiki diri. Dengan pergantian sel baru maka akan mendorong kulit mengalami peremajaan salah satunya dengan berpuasa.
Selain itu untuk mengobati penyakit kulit, saat puasa kondisi cairan tubuh menurun, kondisi kulit juga kekurangan cairan. Kondisi ini akan menambah kekuatan kulit dalammelawan mikroba dan penyakit lain.

6. Puasa bermanfaat meningkatkan Fungsi organ Tubuh

Salah satu manfaat puasa secara fisik dapat meningkatkan fungsi organ tubuh. Kegiatan tubuh secara terus menerus tidak baik untuk kesehatan.  Seimbangnya antara bekerja dan istirahat akan meningkatkan kinerja tubuh. Begitu pula dengan organ tubuh kita bila istirahat akan meningkatkan kinerjanya.

7. Puasa bermanfaat Menyeimbangkan Saraf Simpatis dan Parasimpatis

Saraf simpatis berperan terhadap stress karena saraf tersebut mengatur peningkatan detak jantung. Sementara saraf parasimpatis berfungsi memperlambat denyut jantung, dan dapat mengontrol emosi. Puasa mempu menyeimbangkan kedua saraf sehingga tercipta ketenangan dan pengendalian diri yang tinggi.

8. Puasa bermanfaat menjaga Kadar Gula Darah

Pada saat puasa maka kita memberi waktu istirahat bagi pancreas. Seperti yang kita ketahui pancreas adalah organ penghasil insulin, insulin yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah dengan mentransfernya masuk kedalam sel tubuh. Pankreas akan bekerja menghasilkan insulin dengan adanya rangsangan berupa tingginya kadar gula dalam darah biasanya setelah kita makan atau minum. Dengan puasa kurang lebih ada sekitar 12jam kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman sehingga selama itu pula pancreas dapat mengurangi aktivitasnya, serta dapat bekerja secara lebih optimal setelahnya.

9. Puasa bermanfaat meminimalisir atau menurunkan berat badan / obesitas / kegemukan

Ketika asupan makanan / kalori menurun saat kita berPuasa kebutuhan energi akan diambil dengan merombak cadangan lemak ditubuh. Dengan menurunnya cadangan lemak tubuh, maka akan menurunkan kegemukan atau obesitas. Akan tetapi syaratnya ketika berbuka puasa tidak makan secara berlebihan, karena akan menghilangkan manfaat perombakan lemak ketika kita berpuasa sebelumnya. Kondisi tubuh kegemukan akan meningkatkan resiko terjadinya beberapa penyakit kronis seperti hipertensi, jantung , diabetes, stroke  , kolesterol  dan lain-lain.

10. Manfaat puasa mengurangi dan mengontrol kolesterol, serta mengurangi stroke

Puasa menurunakan kadar minyak dalam tubuh dan menyebabkan berkurangnya kolesterol. Sementara itu, puasa bermanfaat untuk mengurangi terjadinya stroke, karena puasa menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah. Penyumbatan pembulu darah dalam bentuk pengapuran dan pengerasan pembulu darah yang dapat mengakibatkan stroke. Penyumbatan pembulu darah arteri yang menuju ke otak menyebabkan otak kekurangan pasokan darah dan oksigen sehingga bagian otak mengalami kerusakan sehingga terjadi stroke.

11. Manfaat Puasa Mengurangi sakit persendian Tulang

Ketika berpuasa tulang mendapatkan zat dari organ lain, yang berfungsi untuk menguatkan dan sebagai pelumas bagi persendian.

12. Manfaat Puasa Meningaktkan hormone pertumbuhan

Kondisi puasa atau bisa disebut penurunan gizi secara akut (menjadi factor pemicu sekresi hormone pertumbuhan (Growth Hormone (GH)) .

Demikian beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita. Akan tetapi jangan rusak manfaaat puasa dengan berbuka puasa secara berlebihan. Masih banyak manfaat lain yang belum terungkap. Selain puasa Wudhu juga bermanfaat salah satunya bagi kesehatan mata Terimakasih semoga bermanfaat.

Source :
Zacholany, 2013, Rasulullah Tidak Pernah Sakit, Najah : Jogjakarta

Ho,Kian Y et al, 1998, Fasting Enhances Growth Hormone Secretion and Amplifies the Complex Rhythms of Growth Hormone Secretion in Man, J. Clin. Invest, Volume 81, 968-975.


0 Response to " Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post