4 Alasan Kenapa Harus Segera menyelesaikan Skripsi

Nabiungkangkung.blospot.co.id – Alasan Kuat Mengapa Harus Segera Menyelesaikan Skripsi.~ Skripsi merupakan tugas akhir pada Sarjana S1. Sedangkan untuk Diploma biasa disebut Tugas Akhir, Untuk S2 disebut Tesis, dan S3 disebut Disertasi.  Tugas akhir ini menjadi syarat untuk kita lulus dari studi yang kita jalani.

Setinggi apapun IP (Indeks Prestasinya) / nilai kuliah bila skripsi tidak beres maka bisa jadi tidak lulus lulus. Sehingga skripsi menjadi konsen baik bagi mahasiswa maupun orang tua dari mahasiswa tersebut.

Dengan IP (indeks prestasi) yang minimal syarat lulus pun, asal lolos skripsinya maka bisa jadi lebih cepat lulusnya.  Bahkan variasi mata kuliah ditujukan agar adanya banyak pilihan tema dalam pengambilan skripsi kelak.

Selain karena jurusan kuliah yang bukan pilihan sehingga kurang adanya semangat menyelesaikan kuliah, lama dan ribetnya skripsi adalah salah satu factor utama lamanya mahasiswa menyelesaikan kuliah bahkan gagal lulus.

Hilangnya semangat untuk menyelesaikan skripsi membuat proses skripsi dapat berhenti di tengah jalan. Hilangnya semangat dapat terjadi karena rintangan dalam menyelesaikan skripsi seperti tidak berhenti henti terus terjadi. Sehingga hilangnya kepercayaan diri, bahwa skrpsi adalah suatu keniscayaan bagi kita yang memutuskan untuk kuliah.

Timbulnya rasa lelah yang membucah didalam dada. Merasa Usaha sudah dilakukan tetapi tetap saja gagal. Merasa birokrasi menghambat langkah untuk bekerja. Merasa hasil yang diharapkan tidak muncul muncul. Merasa lelah karena teman teman sudah mulai wisuda, lelah karena teman yang baru mulai sudah selesai duluan. Lelah karena adik tingkat sudah wisuda. Dan banyak lainnya.

Cukup banyak temen temen yang takut dengan skripsi dan cukup banyak juga yang lama sekali menyelesaikan skripsinya hingga batas DO (Drop out).

Untuk itu mari kita bahas 4 alasan mengapa kita harus  segera menyelesaikan skripsi, bukan semata mata untuk diri sendiri tetapi kepada sekitar kita, kepada yang menyeyangi kita.

1. Demi Orang Tua

Orang tua tentu menginginkan anaknya sukses. Lulus kuliah bukan menandakan kita sukses, tetapi dengan lulus kuliah kita telah melepaskan satu beban pikiran orang tua kita. Pikiran ini mungkin tidak terucap secara langsung tetapi mengendap menumpuk di dalam dada. Pikiran yang terus menumpuk ini lama lama bisa membuat orang tua kita sakit. Bila orang tua anda sakit dan anda belum menyelesaikan skripsi bisa jadi ini karena memikirkan ulahmu.

Bagaimana hari tuanya yang harus bersantai menikmati hidup justru di bebani pikiran seperti itu. Bukan hanya anda yang tertekan  ketika ada yang Tanya sudah lulus belum, kerja dimana dan pertanyaaan menyakitkan lainnya orang tua anda pun ikut terluka..

Coba lepaskan salah satu beban orang tuamu, lulus lah, bekerja lah, berkarya lah,. Apalagi bagi kamu yang masih menggunakan biaya dari orang tua untuk berkuliah.

Terlepas jurusan ini , kuliah ini bukan pilihan mu, usahakan selesaikan saja sebagai bukti baktimu kepada orang tuamu. Selesaikan saja meski ijasah ini nantinya hanya  dijadikan hiasan dinding, dan bekerja lah sesuai passion  / hobi yang kamu suka. Yang penting lulus, yang penting selesai.

2. Masa Depan

Kita semua sepakat ijasah tidak menjamin kita mudah untuk mendapatkan pekerjaan, serta masa depan. Tetapi dengan ijazah akan meningkatkan peluang kita untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Sudah berkuliah maka anda sudah dapat disebut telah dewasa. Orang tua sudah bisa melepaskan sedikit demisedikit tanggung jawabnya. Sudah saatnya anda mandiri.

Anda pasti telah melihat teman teman anda mulai bekerja, teman teman anda mulai membangun rumah tangga.

Peluang masa depan yang lebih baik memang ada dimana mana, tetapi tingkatkan peluang dengan ijazah mu, tingkatkan peluang denga kompetensimu, tingkatkan peluang dengan kemampuanmu.

Sudah tidak saatnya untuk maen maen, saatnya kita berpikir tentang masa depan, tentang target, tentang impian. Dan lakukan langkah langkah yang mendekatkan kita pada impian / masa depan yang kita idamkan.

Dengan menyelesaikan skripsi dan mendapatkan ijazah memperbesar peluang kita untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.


3. Konsekuensi Pilihan.

Hidup adalah pilihan. Konon kita hidup adalah pilihan yang kita pilih sebelum kita ada didunia ini. Setiap pilihan ada konsekuensi yang harus dihadapi. Setiap tujuan dari suatu pilihan ada rintangan yang harus dilewati, dan itu suatu keniscahyaan.

Kuliah adalah jalan yang anda pilih, maka skripsi adalah konsekuensi yang pasti terjadi. Dan setiap orang yang lulus pasti melewati fase itu. Meski rintangan yang dihadapi tiap orang berbeda beda, yakini bahwa rintangan yang anda hadapi tidak akan lebih besar dari kemampuan yang anda miliki.

Sepahit apapun itu yang harus anda hadapi, lakukan dengan sepenuh hati. Lakukan sebagai orang dewasa, lakukan dengan penuh tanggung jawab.

Yang perlu kita sadari tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengenyam bangku perkuliahan. Tidak semua orang seberuntung dirimu bisa berkuliah. Kesempatan yang telah anda dapatkan jangan di sia siakan.

Anda perlu kembali mengkoreksi hati anda niat anda tentang perkuliahan yang sedang anda ambil. Apakah kuliah ini adalah pilihan anda sedari awal. Bila ini adalah pilihan anda, apakah akan lari dari pilihan yang telah diambil. Seandainya anda memilih lainnya apakah menjadi mudah, setiap pilihan di ikuti rintangan yang berbeda pula. Jadi apapun pilihan anda pasti ada konsekuensi dan rintangannya. Seandainya anda memilih tidak kuliah, apakah anda siap di katakan saat melamar kerja, “maaf kami tidak menerima lulusan SMA”, dan anda tidak baper (bawa perasaan). Anda sudah di ujung jalan, sudah sampai tugas akhir, sedikit lagi finis. Apakah anda mau kembali, memulai dari nol lagi.

Dan bila kuliah ini bukan pilihan anda, dan anda sudah tidak sanggup menyelesaikannya sebagai tanda baktimu kepada orang tua. Maka katakan kepada orang tua anda secara terus terang. Katakana bahwa anda sudah tidak sanggup, bahwa anda punya pilihan lain yang lebih membuat anda nyaman.
Laksanakan pilihan yang baru ini dengan penuh energi, komitmen penuh serta hadapi rintangan yang pastinya akan muncul cepat atau lambat.


4. Biaya

Pertimbangan biaya ini perlu dipertimbangkan terutama bagi kita yang kuliah tidak membiayai sendiri atau dibiayai orang tua atau saudara. Biaya kuliah tidak hanya sekedar biaya semesteran, biaya gedung saat pendaftaran, tetapi juga biaya hidup kost serta makan dan lainnya.

Begitu pula pada mahasiswa yang berkuliah di universitas negeri,serta mendapatkan beasiswa. Mahasiswa univesitas negeri yang tidak lulus lulus, seharusnya biaya dia kuliah bisa untuk membiayai mahasiswa baru.

Misalkan biaya persemester 3 juta, dan dah jalan 5 th jadinya 30 jt, sedangkan biaya uang gedung 15 jt. Maka biaya kuliah selama 5 tahun sudah 45 jt. Semakin lama semakin banyak biaya kuliah yang dihabiskan. Berapa lama anda bisa mengembalikan uang orang tua anda yang dihabiskan untuk biaya kuliah. Belum biaya hidup, dan lainnya. Yang Perlu Diingat bahwa kita sekarang sudah dewasa, Dan ingat ingat berapa umur orang tua kita,
apakah sudah pension
apakah masih produktif
bukan kah sudah saatnya anda mengambil alih tanggung jawabnya…

so segera selesaikan skripsi
selesaikan apa yang telah anda pilih dan telah anda mulai..

semoga bermanfaat


0 Response to " 4 Alasan Kenapa Harus Segera menyelesaikan Skripsi "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post