DEFINISI PENGERTIAN SUSPENSI KERING (Rekonstirusi)


DEFINISI PENGERTIAN SUSPENSI KERING (Rekonstirusi)






 

I.1   Definisi Pengertian suspensi kering

1.       FI IV : Suspensi dapat dibagi dalam 2 jenis, yaitu suspensi yang siap digunakan atau yang dikonstitusikan dengan sejumlah air untuk injeksi atau pelarut lain yang sesuai sebelum digunakan. Suspensi tidak boleh diinjeksikan secara intravena dan intratekal.
2.       BPC hal 38 : Suspensi kering (dry powders and granules for reconstitution) adalah campuran serbuk atau granul untuk kemudian direkonstitusi. Bentuk ini digunakan terutama bila stabilitas obat dalam air terbatas.
3.       Diktat praktikum resep: Suatu suspensi yang direkonstitusikan adalah campuran sirup dalam keadaan kering yang akan didispersikan dengan air pada saat akan digunakan dan dalam USP tertera sebagai “for oral suspension”. Bentuk suspensi ini digunakan terutama untuk obat yang mempunyai stabilitas terbatas di dalam pelarut air, seperti golongan antibiotika.

I.2    Alasan Pembuatan Suspensi Kering

Umumnya, suatu sediaan suspensi kering dibuat karena stabilitas zat aktif di dalam pelarut air terbatas, baik stabilitas kimia atau stabilitas fisik. Umumnya antibiotik mempunyai stabilitas yang terbatas di dalam pelarut air.

I.3    Persyaratan Sediaan Suspensi Rekonstitusi (Pharm.Dosage Forms :Disperse System, 1989,

       Vol 2, hal 318)
1.       Campuran serbuk/granul haruslah merupakan campuran yang homogen, sehingga konsentrasi/dosis tetap untuk setiap pemberian obat.
2.       Selama rekonstitusi campuran serbuk harus terdispersi secara cepat dan sempurna dalam medium pembawa.
3.       Suspensi yang sudah direkonstitusi harus dengan mudah didispersikan kembali dan dituang oleh pasien untuk memperoleh dosis yang tepat dan serba sama.
4.       Produk akhir haruslah menunjukkan penampilan, rasa, dan aroma yang menarik.

terimaskasih, Semoga bermanfaat.
Wasalamualaikum 


0 Response to " DEFINISI PENGERTIAN SUSPENSI KERING (Rekonstirusi) "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post