ISTILAH KESEHATAN 3 Abjad A

Assalamualaikum, 

Anemia Defisiensi Asam Folat adalah : anemia makrostitik akibat defisiensi asam folat

Anemia Defisiensi Besi adalah : sejenis anemia mikrositik hipokrom yang desebabkan oleh rendah atau tidak adanya cadangan besi dan konsentrasi besi serum.

Anemia hemolitik adalah : anemia akut atau kronik yang ditandai dengan memendeknya kemampuan hidup eritrosit matang dan ketidakmampuan sumsum tulang untuk menkompensasi masa hidup yang menurun tersebut.

Anemia hipokromik adalah : anemia yang ditandai dengan berkurangnya hemoglobin sela darah merah secara tidak proposional dan daerah pucat pada sentral sel darah merah.

Anemia makrositik adalah : salah satu dari berbahai anemia dengan etiologi yang berbeda; ditandai dengan sela besar (lebih besar dari sel dadrah merah normal) tidak ada daerah di pusat yang biasanya pucat; juga terdapat peningkatan mean corpuscular volume dan mean corpuscular hemoglobin.

Anemia Megaloblastik adalah : setiap anemia yang ditandai dengan adanya megaloblast di dalm sumsum tulang seperti anemia pernisiosa.

Anemia mikrositik adalah : setiap anemia yang ditandai dengan sel kecil (eritrosit yang lebih kesil daripada normal) seperti anemia defisiensi besi atau Beta talasemia.

Anemia normositik adalah : anemia dengan eritrosit berukuran normal tetapi dengan penurunan kandungan himoglobin secara proporsional, volume sel darah merah, dan jumlah eritrosit per milimeter kubik darah.

Anemia peralsiosa adalah : sejenis anemia megaloblastik yang biasanya terjadi pada dewasa tua, disebabkan oleh gangguan absorpsi usus terhdap vitanin B12 akibat tidak tersedianya faktor intrinsik.

Anemia sederoblastik adalah : anemia yang umumnya dicirikan oleh sejumlah besar sideroblas yang berbentuk cincin dalam sumsum tulang, eritropoiesis tak efektif , proporsi eritrosit hipokromik yang bervariasi dalam darah tepi, dan biasaanya meningkatkan kadar zat besi jaringan.

Aneurisma Aortik Abdominal adalah : jenis aneurisma yang umum, ditemukan pada aorta abdominalis, yang biasanya pada daerah aterosklerosis berat.

Aneurisma ventrikal kiri adalah : selatasi aneurisma dari suatu bagian dinding ventrikal, biasanya kiri atau jarang , merupakan suatu penonjolan sakular yang melaluinya (katup dari jantung). Biasanya ini merupakan konsekuensi dari infark miokard, tapi penyebab lain telah diuraikan seperti endokarditis bakteri atau trauma.

Angina adalah : angina pectoris; semua nyeri spasmodic, mencekik atau menekan.

Angina pectoris adalah : nyeri dada paroksimal, sering menjalar ke lemgan, terutama lengan kiri, kadang desetai dengan perasaan tertekan dan takut mati.

terimakasih, semoga bermanfaat.

wassalamualaikum

0 Response to " ISTILAH KESEHATAN 3 Abjad A "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post