Nutrisi Gizi Hamil dan Menyusui Vitamin, Air dan Trace element



b.5.Magnesium
            Asupan magnesium direkomendasikan 400 mg perhari untuk wanita hamil berusia 14-18 tahun, 350 mg per hari magnesium wanita hamil berusia 19-30 tahun,  360 mg per hari magnesium pada wanita hamil berusia 30-50 tahun. Asupan magnesium yang direkomendasikan untuk wanita menyusui berumur 14-18 tahun direkomendasikan  360 mg perhari,  pada wanita menyusui berusia 19-30 tahun direkomendasikan asupan magnesium 310 mg perhari, pada wanita menyusui berusia 31-50 tahun derekomendasikan asupan Mg 320 ng perhari. Magnesium di temukan di skeleton dan jaringan lunak, serta dibutuhka untuk produksi energi dan metabolisme tulang. Sumber Mg dalam makanan terdapat pada sayuran hijau, kacang kacangan.
b.6.Iodine
            Asupan Iodine pada wanita hamil berusia 14-50 tahun 220 mcg / hari, untuk wania menyusui berusia 14-50 tahun 270 mcg / hari. Maksimal asupan 900 mcg pada usia 14-18 tahun dan 1100 pada usia 19-50 tahun. Iodine adalah komponen dai hormone tiroid thyroxin (T3). Hormon tiroid berperan penting pada pertumbuhan dan pengembangan produksi energi. Defisiensi iodine menimbulkan efek pada pertumbuhan, perkembangan dan fungsi reproduktif. Sedang sampai berat derajat defisiensi iodine pada wanita hamil dapat menimbulkan efek tidak diinginkan pada fungsi tiroid dan implikasi pada perkembangan ental bayi. Sumber iodine dari makanan pada ikan, ayam, telur, daging.
b.7.Tembaga
            Asupan tembaga yang direkomendasikan pada wanita hamil berusia 19-50 tahun 1,3 mg/hari dan 1,5 mg / hari pada wanita menyusui berusia 19-50 tahun. Kandungan tembaga di serum pada wanita hamil duakali dari wanita tidak hamil. Tembaga dibutuhkan pada kehamilan dan terakumulasi pada fetus terutama di hati, cairan amniotic, dan jaringan ibu. Sumber tembaga pada makanan yaitu pada buah sayur, kentang.

b.8. Kalium, Natrium sulfat dan fluoride
Kalium
            Peningkatan kalium pada kehamilan kecil. Kalium disekresikan di ASI. Rekomendasi kalium pada wanita menyusui berusia 14-50 tahun 3200 mg(82mmol) per hari.
Natrium
            Natrium tambahan dibutuhkan pada wanita hamil dengan mencegah ekskresi nya. Dianjurkan pembatasan konsumsi garam pada wanita hamil karena resiko hipertensi. Asupan natrium yang direkomendasikan pada wanita hamil dan menyusui berusia 14-50 tahun 460-920 mg (20-40mmol) /hari.
Sulfat
            Sulfat dibutuhkan lebih banyak pada kehamilan,  akan tetapi kebutuhan sulfat dapat ditemukan dalam air minum,dan makanan berprotein tinggi sulfur mengandung asam amino, seperi meionin dan sistein.
Fluoride
            Floride ditransfer dari plasenta kedalam tubuh janin. Belum ada bukti penelitian bahwa wanita hamil memiliki kebutuhan fluoride lebih tinggi dari pada wanita tidak hamil. Asupan maksimal pada wanita hamil dan menyusui 10 mg fluoride / hari.

 c. Vitamin larut Lemak
c.1. Vitamin A.
            Vitamin A meningkatkan penglihatan, reproduksi, ekspresi gen, perkembangan embrio, pertumbuhan, system imun, pembentukan tulang. Vitami Aterdiri dari retinol vitamin A dari hewan, pro vitamin A carotenoid (precursor retinol) dari tumbuhan.  Ada lebih dari 600 karetenoid, tetapi hanya sedikit yang dapat diserap tubuh. Beta karoten adalah yang paling aktif, absorpsinya meningkat dengan Pemurnian, pemasaankan dan dipotong. Konsumsi retinol tinggi pada trimester pertama mengakibatkan kelahiran cacat. Vitamin dibutuhkan lebih banyak pada wanita menyusui dari pada wanita hamil. Asupan vitamin A pada wanita hamil 800mcg Res / hari, dan 1100 mcg Res / hari pada wanita menyusui. Sumber vitamin A pada sayur dan buah berwarna merah kuning dan orange, serta pada sayur gelap dan hijau. Dan juga pada Susu dan minyak ikan .

d.Vitamin larut air
d.1.Folat
            folat mempengaruhi metabolisme asam amino dan meningkatkan sintesis DNA dan RNA dan protein. Folat mengatur daur ulang homo sestein menjadi metionin. Kebutuhan asam folat pada wanita hamil dan menyusui meningkat karena meningkatnya sintesis nukleotida dan pembelahan sel. Asupan folat yang direkomendasikan pada wanita hamil usia 14-50 tahun selama hamil 600mcg/hari, ini belum termasuk tablet asam folat yang direkomendasikan untuk mengurangi resiko NTDs. Direkomendasikan wanita yang merencanakan hamil dan wanita sedang awal kehamilan meminum tablet 0,8 mg sehari paling tidak 4 minggu sebelum dan 12 minggu setelah. Pada wanita resiko tinggi NTDs direkomendasikan meminum 5mg asam folat tablet per hari. Utuk wanita menyusui, asupan asam folat yang direkomendasikan adalah 500 mcg per hari pada wanita usia 14-50 tahun, Maksimal asamfolat untuk wanita menyusui usia 14-18 tahun 800mcg/hari, usia 19-50 tahun 1000 mcg/ hari.


e.Air minum
            Pada wanita hamil membutuhkan air total 3,1 liter, dengan rincian 2,3 liter dari air minum. Pada wanita menyusui membutuhkan 3,5 liter total air, dengan rincian 2,6 liter sebagai minuman.

0 Response to " Nutrisi Gizi Hamil dan Menyusui Vitamin, Air dan Trace element "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post