Efek sinergis obat

article-new-thumbnail-ehow-images-a06-aa-5q-synergy-detox-800x800
Efek obat sinergis merupakan efek dua obat atau lebih yang memiliki efek terapi yang sama sehingga saling menguatkan efek terapi. Baik dengan mekanisme aksi yang sama maupun dengan mekanisme aksi yang berbeda. Misalnya efek obat yang menurunkan tekanan darah, ada mekanisme inhibitor enzim ACE, diuretik, chalsium chanel blocker,angiotensi receptor bloker (ARB), alfa 2 agonis.



Efek sinergis bermanfaat, jika penggunaan obat tunggal tidak memberikan efek terapi yang memadahi, perlu penggunaan kombinasi obat yang memiliki efek terapi yang sinergis. Sehingga efek terapi lebih kuat dan memberikan efek bagi penderita.
Efek sinergis juga dapat merugikan, Penggunaan dua obat atau lebih dengan efek yang sama dapat menimbulkan efek yang berlebihan sehingga membahayakan bagi peminum obat.
Untuk itu, penggunaaan obat terapi awal dengan obat tunggal. bila efek terapi tidak cukup memadahi barulah digunakan terapi kombinasi yang memiliki efek terapi yang sinergis. Dapat juga digunakan terapi awal dengan kombinasi obat jika kondisi pasien sudah perlu kombinsasi terapi.
semoga bermanfaat

0 Response to " Efek sinergis obat "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post