Bakteri alami di tangan , Normal Flora di tangan kita

windows_seven_future_is_yours_by_rehsup
Bakteri normal / Flora normal merupakan mikroorganisme yang secara alami berada di tubuh kita. Mikroorgansime alami tersebut sejatinya tidak berbahaya bagi tubuh manusia jika tubuh manusia tidak berjalan secara normal. Mikroorganisme alami dapat membahayakan manusia jika tubuh manusia tidak berjalan dengan normal. Contohnya jika sistem kekebalan tubuh manusia mengalami penurunan, dan saat bagian tubuh tersebut rusak dan mengakibatkan mikroorganisme dapat masuk kedalam tubuh manusia.



Kulit merupakan barier / perlindungan pertama bagi tubuh, melindungi tubuh agar mikrooorganisme tidak masuk ke dalam tubuh. Tangan tentunya banyak bersentuhan dengan mikroorganisme yang ada di lingkunan.
Mikroorgansime yang secara alami ada di tangan manusia atau flora normal di tangan dikategorikan menjadi dua jenis yaitu mikroorganisme resident (menetap)dan transient (sementara). :
1. Mikroorganisme Resident : terdiri dari mikroorganisme yang berada di bawah permukaan sel stratum corneum dan juga di temukan di permukaan kulit. Spesies yang dominan berada sebagai mikroorganisme residenr adalah Staphylococcus epidermisdis dan bakteri resisten terhadap oxacillin yang luar biasa tinggi. Bakteri resident lain termasuk S. hominis dan staphylococci negatif koagulase lain diikuti oleh bakteri corynoform (propionibacteria, corynebacteria, dermobacteria, and micrococci). Jamur yang umum sebagai flora kulit resident adalah Pityrosporum (Malassezia) spp.
Resident flora memiliki dua fungsi perlindungan utama : Antagonis Mikroorganisme dan Kompetisi nutrisi di ekosistem. Secara umum, flora resident kecil kemungkinan di asosikan dengan infeksi, tetapi mungkin menyebabkan infeksi di rongga tubuh steril, mata atau kulit yang tidak utuh.
2. Mikroorganisme transient (transient flora) : berkoloni di permukaan lapisan kulit dan lebih mudah dihilangkan dengan menjaga kebersihan tangan secara rutin. Mikrooganisme transient tidak biasa berkembangbiak di kulit , tetalpi mereka hidup dan secara sporadis berkembangbiak dipermukaan kulit. Mikroorganisme transient biasaya diperoleh oleh tenaga kerja kesehatan selama kontak langsung dengan pasien atau lingkungan yang berbatasan dengan pasien. Mikroorganisme mungkin mejadi koloni yang persisten seperti S.aureus, Gram negatif basilus atau ragi (yeast).
Kulit normal manusia adalah koloni bakteri aerobik berjumlah berkisar 1 x 10 6 colony forming unit (CFU)/cm2 di kulit kepala, 5 x 10 5 CFU/cm2 di abdomen, 1x10 4 CFU/cm2 di lengan bawah.
terimakasih, semoga bermanfaat..
source: WHO Hand Hygiene

0 Response to " Bakteri alami di tangan , Normal Flora di tangan kita "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post