Kimia Medisinal


KIMIA MEDISINAL
       Kimia Medisinal adalah ilmu pengetahuan yang merupakan cabang ilmu kima dan biologi, digunakan untuk memahami dan menjelaskan mekanisme kerja obat pada tingkat molekul. Kimia medisinal melibatkan studi hubungan struktur kimia senyawa dengan aktivitas biologis dan kereaktifan kimia senyawa obat.
-Batasan Kimia medisinal menurut Burger(1970):
       Mencoba menetapkan hubungan struktur kimia dan aktivitas biologi obat, serta menghubungkan perilaku biodinamik melalui sifat sifat fisika dan kereaktifan kimia senyawa obat. Kimia Medisinal melibatkan isolasi, karakterisasi, dan sintesis senyawa senyawa yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit serta memelihara kesehatan.
-Batasan Kimia Medisinal menurut IUPAC(1974):
       Ilmu pengetahuan yang mempelajari penemuan, pengembangan, identifikasi dan interpretasi cara kerja senyawa biologis aktif (obat) pada tingkat molekul. Kimia medisinal juga melibatkan studi, identifikasi dan sintesis produk metabolisme obat dan senyawa yang berhubungan.
-Batasan Kimia Medisinal menurut Taylor dan Konnewell:
       Studi kimiawi senyawa aytau obat yang dapat memberikan efek menguntungkan dalam system kehidupan dan melibatkan studi hubungan struktur kimia senyawa dengan aktivitas biologis serta mekanisme cara kerja senyawa pada system biologis, untuk mendapat efek pengobatan yang maksimal dan efek samping yang kecil.
-Ruang Lingkup Kimia Medisinal menurut Mayer(1980)
1. Isolasi dan identifikasi senyawa aktif dalam tanaman yang secara empirikdigunakan untuk pengobatan.
2. Sintesis struktur anlog dari bentuk dasar senyawa yang mempunyai pengobatan potensial
3. Mencari struktur induk baru dengan cara sintesis senyawa organic, dengan atau tanpa berhubungan dengan zat aktif alamiah.
4. Menghubungkan struktur kimia obat dengan cara…….
5. Mengembangkan Rancangan obat
6. Mengembangkan hubungkan struktur kimia dan aktivitas biologis melalui sifat kimia fisika dengan bantuan statistic.
Add caption




Daftar Pustaka
 Siswandono dan Bambang soekardjoe ‘’Kimia Medisinal ‘’


0 Response to " Kimia Medisinal "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post