Enzim Ksantin oksidase (xantine oxidase)


Ksantin Oksidase
Ksantin oksidase adalah enzim yang dapat mengkatalisis oksidasi hypoxanthine menjadi ksantin, juga pada oksidasi ksantin menjadi asam urat. Selama stress metabolic ksantin dehidrogenase berubah .secara reversible dan irreversible menjadi bentuk enzim ksantin oksidase dan peningkatan pembentukan AMP yang harus  dieliminasi secara terus menerus dari sel. Penumpukan AMP ini menyebabkan hipoxanthine menumpuk pada intra dan esktra seluler yang menyebabkan aktivitas enzim ksantin oksidase semakin tinggi. Peranan ksantin oksidase sebagai penghasil radikal oksigen sangat besar selama stress oxidative karena efek ksantin oksidase memperkecil hambatan kerusakan jaringan. Telah dilaporkan juga bahwa aktivasi neutrofil disebabkan oleh perubahan ksantin dehidrogenase menjadi ksantin oksidase pada sel endotel, dan penyumbatan dapat terjadi karena akumulasi dan adhesi neutrofil pada dinding endotel dan jaringan yang lain dan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan iskemia dan nekrosis sel. Kerusakan sel karena disebabkan radikal oksigen telah terjadi pada beberapa penyakit, disilah antioksidan berfungsi menjaga kesehatan manusia.
Mereka juga menemukan aktivitas antibakteri untuk multiple komponen, beberapa diantaranya diuji pada Sloan-Kettering Institu untuk percobaan antikanker. 6-MP menimbulkan efek yang tinggi untuk leukemia. Saat di identifikasi membuktikan bahwa 6-MP dimetabolisme oleh Ksantin Oksidase.
Meningkatnya jumlah penelitian selama dekade terakhir juga menyarankan bahwa XO (Xanthine Oksidase) memainkan peran penting dalam berbagai jenis iskemik dan tipe jaringan lainnya dan kerusakan pembuluh darah, penyakit inflamasi, dan gagal jantung kronis.
 Spesies oksigen reaktif (ROS) memiliki dampak yang kuat pada homeostasis vaskuler.ROS berasal dari beberapasumber, termasuk xanthine oxidase, sitokrom mono-P450 oxygenases, mitokondria, dan uncoupled NO sintase, sebagai serta dari protein dari keluarga Nox, NADPH yang oksidase. Identifikasi kontribusi individu sistem pembangkit ini untuk beban oksidatif telah fokus dari jumlah mengesankan publikasi. Motivasi studi ini adalah bahwa terapi situs-diarahkan untuk menurunkan ROS menghambat sistem pembangkit individu harus lebih unggul dari saat ini tidak berhasil pendekatan dengan antioksidan dalam praventilasi ROS-tergantung kardiovaskular penyakit.

0 Response to " Enzim Ksantin oksidase (xantine oxidase) "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post