Informasi obat Puyer Bintang Toedjoe No 16

informasi obat bermerek



PUYER BINTANG TOEDJOE No.16

Paracetamol, Acetosal, Coffein
Obat sakit kepala


KOMPOSISI

Tiap sachet (1000mg) mengandung :
Paracetamol 400 mg
Acetosal 250 mg
Coffeine 50 mg


CARA KERJA

Analgesik – antipiretik


INDIKASI

Meringankan sakit gigi, sakit kepala.


PASOLOGI

Dewasa & anak > 12 tahun : 3 – 4 kali sehari1 bungkus.
Anak 6- 12 tahun : 3 – 4 kali sehari ½ - 1 bungkus.
Diminum setelah makan.





EFEK SAMPING

Penggunaan jangka lama dan dosis besar dapat menyebabkan kerusakan hati. Reaksi hipersensitif. Iritasi lambung, mual, muntah. Pemakaian lama dapat terjadi perdarahan lambung dan tukak lambung.


KONTRAINDIKASI

Penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat. Penderita hipersensitif terhadap komponenobat diatas. Penderita hemophilia dan trombositoenia. Penderita yang seasng diterapi dengan antikoagulan sepeti warfarin. Penderita alergi (asma), tukak lambung (maag) pernah atau sering mengalami perdarahan dibawah kulit (konsultasikan dengan dokter).


PERINGATAN DAN PERHATIAN

penggunaan pada penderta yang mengkonsumsi alkoholdapat meningkatkan resiko kerusakan fungsi hatidan perdarahan lambung. Bila setelah 2 hari demem tidak menurun atau setelah 5 hari rasa sakit tidak berkurang, segera hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan. Hati hati penggunaan obat ini pada penderita penyakit ginjal dan penderita dengan gangguan fungsi hati, kehamilan, wanita menusui, dehidrasi. Sebaiknya obat ini diminum setelah makan atau bersama dengan makanan. Hentikan pengobatan bila terjadi tinnitus, gangguan pendengaran , pusing. Konsultasikan dengan dokter jika gangguan lambung menetap atau sebelum memberikan acetosal pada pasien yangjuga mendapat obat antikoagulan.


INTERAKSI OBAT
Jangan diberikan bersama – sama dengan antikoagulan ora. Jangan diberikan bersama – sama degnan kortikosteroid atau  obat antiinflamasi non steroid. Tidak boleh digunaakn bersama spironolakton, furosemide, dan urikosurik karena efek obat tersebut akan dikurangi. Acetosal dosis besar dapat meningkatkan efek hipoglikemi oral tertama klorpropamid.


PENYIMPANAN

Simpan ditempat sejukdan kering (15 – 250C)


KEMASAN
Sachet
Reg.No. DBL 7202812223A1
PT BINTANG TOEDJOE

0 Response to " Informasi obat Puyer Bintang Toedjoe No 16 "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post