Beda MFG date dan EXP date (Expired / Kadaluarsa / ED)

Beda MFG date dan EXP date (Expired / Kadaluarasa)


Nabiungkangkung > Beda MFG dan EXP- Dewasa ini semakin digalakkan peraturan mengenai perlindungan konsumen.  Konsumen sendiri pun semakin kritis dan peduli dengan barang yang akan dikonsumsinya.

Tanggal kadaluarsa menjadi salah satu informasi yang sering ingin kita ketahui sebagai konsumen. Kadalurarsa atau Expired adalah tanggal yang dikeluarkan oleh produsen, dimana ketika produk sudah melebihi tanggal tersebut, produsen tidak lagi menjamin kualitas dan keamanan produknya.

{Bagi yang ingin mengetahi apa itu Epired dan bagaimana asal penetapannya silahkan baca expired adalah}

Akan tetapi banyak konsumen yang salah mengira mengenai Expired ini, dan menganggap semua tanggal yang tertera di kemasan produk adalah tanggal expired atau kadaluarsa.

Dalam setiap produk dan produsen menerapkan penulisan tanggal kadaluarsa dalam format yang berbeda beda.

Ada produsen yang menuliskan Expired secara utuh sebelum tanggal kadaluarsa. Ada pula yang hanya memberikan inisal saja seperti EXP ataupun E.

Akan tetapi yang perlu kita ketahui, di kemasan produk tidak hanya tertera tanggal kadaluarsa. Biasanya produsen juga menampilkan kode produksi serta tanggal pembuatan.

 1.      MFG (Manufacturing)

Manufacturing Date (MFG) adalah tanggal dimana produk yang tersebut dibuat. Tidak semua produsen menampilkan tanggal MFG pembuatan produk. Justru karena itu banyak konsumen yang gagal paham mengenai Tanggal pembuatan (MFG date) mejadi EXP date  (tanggal kadaluarsa).

Ada pula produsen yang hanya menampilkan tanggalnya saja, tanpa ada keterangan di depan maupun dibelakang tanggal.

Sebagai konsumen kita mesti cermat dan memahami bahwa tanggal yang lebih dahulu adalah tanggal pembuatan (MFG date) dan tanggal yang lebih tua adalah tanggal kadaluarsa (EXP date).

Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli yang tidak dikehendaki.

 2.      EXP (Expired)

Expired date (EXP / E) adalah tanggal dimana produk tersebut kadaluarsa, baca disini untuk informasi lebih mengenai kadaluarsa. Tanggal ini lah yang biasanya kita cari sebagai konsumen sehingga kita merasa aman menggunakan produk tersebut.

Berikut ini beberapa istilah Expired yang digunakan oleh produsen untuk menunjukkan tanggal kadaluarsa :
-Expired
-EXP
-E
-ED

Demikian sedikit penjelasan mengenai Beda dari MFG (Manufacture date) dan EXP (Expired Date / Kadaluarsa).

Semoga bermanfaat.






1 Response to " Beda MFG date dan EXP date (Expired / Kadaluarsa / ED) "

  1. info yg Sangat bermanfaat.. thanks for share

    ReplyDelete

Artikel Lainnya

loading...

Random post