Materi Ujian Praktek Pembuatan SIM C



MATERI UJIAN PRAKTEK SIM C (Surat Izin Mengenudi C)

A.     Ujian Pengereman / Keseimbangan
1.      Menjalankan sepeda motor dengan kecepatan perseneleng stabil 30 km/jam, dengan perseneleng 2 berhenti pada garis Stop dengan teknik pengereman kombinasi yag lebih domain rem tangan bersamaan dengan rem belakang (kaki) untuk mengimbangi rem depan, kaki kiri turun dan palingkan kepala kekanan belakang konfirmasi keselamatan.
2.      Jarak dari start sampai finish adalah 9 patok dari ukuran panjang kendaraan uji tambah ½ panjang kendaraan uji (1,5m) sedang lebar patok yang dilintasi adalah 2 x lebar kendaraan bermotor uji untuk lebar lintasan pengereman.

B.     Ujian Zig-Zag /Slalom
1.      Menjalankan sepeda motor Zig – Zag / Slalom melintasi patok (kerucut) dengan kecepatan 10 km/jam, jarak antar patok 1,5 kali panjang kendaraan bermotor uji dan jari – jari tangan tidak menekan tankai kopling/pengereman sebelum titik berhenti yang ditentukan.
2.      Kemudian dilanjutkan Zig – Zag / Slalom dengan kecepatan stabil, jarak patok satu dengan yag satu 3 kali panjang kendaraan bermotor uji dan berhenti pada garis Stop, dengan teknik pengereman kombinasi ren depan lebih dominan dan rem belakang mengimbangi asumsi (70% / 30 persen), kaki kiri menapak di jalan, kepala memalingkan ke kanan belakang untuk konfirmasi keselamatan.

C.     Ujian Membentuk Angka Delapan
1.      Menjalankan sepeda motor di dalam kendaraan 3 kali membentuk angka 8 (delapan), mengikuti petunjuk arah, tidak berhenti dan kaki tidak menginjak lapangan serta jari jari tangan tidak menarik kopling/rem
2.      Di atas garis angka delapan diletakkan patok dengan jarak antar masing masing patok 1,5 kali panjang kendaraan bermotor uji.

D.    Uji Reaksi Rem Menghindar
Konfirmasi keselamatan pada saat menjalankan sepeda motor dengan kecepatan stabil perseneleng 2 atau 3, kemudian melakukan pengereman pada Garis Kuning atau patok, lepas rem pada patok atau Garis Hijau, lalu membelok sesuai petunjuk dari petugas, serta bernenti pada garis stop dengan teknink pengereman kombinasi rem belakang mengimbangi dan untuk rem depan dominan, kai kiri turun dan palingkan kepala ke kanan belakang.

E.     Uji Berbalik Arah membentuk huruf U (Turn)
Konfirmasi keselamatan pada saat akan menjalankan sepeda motor memutar dengan membentuk huruf U di jalan sempit yang lebarnya 2 kali panjang kendaraan bermotor untuk uji, tanpa menginjakkan kaki ke lapangan dan pandangan tertuju kearah yang akan di tuju.



KETENTUAN LULUS UJIAN PRAKTEK SURAT IZIN MENGEMUDI C :
A.     peserta uji menyelesaikan seluruh materi ujian Praktik Surat Izin mengemudi C dengan tidak melakukan kesalahan, antara lain :
1)      tidak menyentuh dan menjatuhkan patok  pada setiap materi ujian;
2)      kaki tidak menginjak lapangan pada materi ujian yang dilarang
3)      tidak melakukan pengereman pada materi ujian yang dilarang; dan
4)      peserta tidak mentaati ketentuan uji praktik sesuai petunjuk penguji.
B.     Setiap peserta ujian diberikan ksesempatan untuk mengulangi 2 (dua) kali sebelum dinyatakan gugur.


Simak juga mengenai MAteri Ujian Praktek SIM D

Source :
Per Kapolri No. 9 tahun 2012

0 Response to " Materi Ujian Praktek Pembuatan SIM C "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post