Pengertian Definisi Emulsi


Secara kimia fisika: emulsi adalah campuran yang secara termodinamika tidak stabil, yang terdiri dari dua cairan yang tidak tercampurkan.

RPP (Remington Pharmaceutical Practice ,hlm : 242) :Emulsi adalah sistem heterogen yang terdiri dari tetesan-tetesan cairan yang terdispersi dalam cairan lain.

–Alexender: •Emulsi adalah suatu dispersi yang sangat halus dari suatu cairan kedalam suatu cairan yang lain.

–Clayton: •Emulsi adalah suatu sistem yang terdiri dari dua fase cair yang satu terdispersi kedalam yang lain sebagai suatu globul (butir-butir kecil).

–Mc. Bain: •Emulsi adalah suatu tetes-tetes kecil cairan yang terdispersi kedalam cairan dan dapat dilihat dibawah mikroskop.

–P. Becher: •Emulsi adalah suatu sistem heterogen terdiri dari dua cairan yang tidak bercampur. Yang satu terdispersi dalam yang lain dalam bentuk tetes-tetes kecil yang mempunyai diameter pada umumnya lebih dari 0,1 mm.

•Emulsi adalah sistem dua fasa, yang salah satu cairannya terdispersi dalam cairan yang lain, dalam bentuk tetesan kecil ( FI IV, Hal 6)

•Emulsi adalah suatu dispersi dimana fasa terdispersi terdiri dari bulatan-bulatan kecil zat cair yang terdistribusi ke seluruh pembawa yang tidak bercampur. Dalam batasan emulsi, fasa terdispersi dianggap sebagai fasa dalam dan medium pendispersi dianggap sebagai fasa luar atau fasa kontinu (Ansel, Hal 376)

•Emulsi adalah sistem yang secara termodinamika tidak stabil dan mengandung paling sedikit dua cairan yang tidak bercampur, dimana salah satu cairan terdispersi (fase terdispersi) dalam cairan lainnya (fase kontinu/pendispersi) dalam bentuk globul-globul dan distabilkan oleh emulgator (Martin, Physical Pharmacy, Hal 509).

•Emulsi adalah sistem 2 fase yang merupakan gabungan 2 cairan yang tidak tercampurkan, dimana salah satunya terdispersi dalam cairan lainnya dalam bentuk globul-globul yang mempunyai ukuran sama atau lebih besar daripada partikel koloidal terbesar (RPS(Remington Pharmaceutical Science ed. 21th, Hal 325).

SECARA Umum Emulsi Adalah : Sistem dispersi kasar yang secara termodinamik tidak stabil, terdiri dari minimal dua atau lebih cairan yang tidak bercampur satu sama lain, dimana cairan yang satu terdispersi didalam cairan yang lain dan untuk memantapkannya dibutuhkan emulgator


0 Response to " Pengertian Definisi Emulsi "

Post a Comment

Artikel Lainnya

loading...

Random post